Tuesday, October 9, 2012

Adakah perbedaan cinta dengan nafsu?

Mengartikan cinta ibarat kita kembali ke masa dimana kita masih berseragam putih abu-abu, ya benar sekali masa itulah semua kita selalu sok filosofis, sok tahu apa artinya cinta. Masa itu juga kita menjadi makhluk paling egois dimuka bumi, menganggap bahwa kitalah yang paling tahu tentang apa itu cinta. Menarikkah bagi anda mengetahui apa arti cinta? apakah dengan mengetahuinya anada akan menjadi lebih menjadi seorang pencinta sejati? Atau, apakah dengan mengetahui arti cinta anda menjadi seorang yang ahli dalam soal cinta? sebanarnya.. saya yang menulis di blog ini merasa mual ketika ada orang yang mengumbar-umbar kata cinta. Cinta tidak harus diartikan tapi cukup dirasakan. Setiap orang memiliki perbedaan terhadap rasa, misalkan saja dalam satu kelurga, masakan ibu bisa saja salah satu anaknya merasa masakan itu terlalu asin, namun anak yang lain merasa masakan itu sudah pas rasanya. Begitu juga cinta.. berbeda rasaya di setiap orang, sehingga berbeda jugalah pengertiannya di setiap kepala.

Nafsu, sangat jelas dapat diartikan dan dirasakan. Suatu hari anda sudah memiliki sepeda motor, dan motor tersebut sudah cukup untuk mengantar ada perge kemanapun anda suka, motor tersebut dengan mudah mengantar anda pergi kerja, pulang kerja dan keman saja anda suka. Saat itu kebetulan anda memiliki uang yang lebih dan secara kebetulan pula anda melihat ada show room mobil, terlintaslah di pikiran anda untuk membeli salah satu mobil yang ada di sana.. Itulah nafsu, dia adalah keinginan lebih, keinginan yang bukan berdasar keperluan. Orang yang bijak adalah orang yang mampu mengendalikan nafsunya, bukan orang yang dikendalikan oleh nafsu itu.
perbedaan cinta dengan nafsu

Perbedaan cinta dan nafsu, sering sekali dipertanyakan.. padahal kedua hal itu sudah jelas berbeda, namun jika keduanya tidak mampu anda bedakan, maka saat itulah anda membahayakan diri anda, orang lain, lingkungan bahkan negara dan penduduk bumi bisa celaka jika anda menggabungkan keduanya. Cinta dan nafsu yang bersatu cenderung akan membangun sifat penjajah, dan menghalalkan segala cara. Itulah koruptor, cintanya pada harta dunia dan dikombinasikan dengan nafsu memiliki sesuatu yang bukan hak mereka.

Tidaklah sulit membedakan nafsu dan cinta, hati setiap kita sudah dibekali sejak lahir membedakan keduanya.. hanya saja lebih banyak kita yang mengecilkan bahkan mengacuhkan suara hati dan mengikuti ajakan nafsu dalam melakukan tidakan. Namun akan terasa sulit membuat perbedaan cinta dengan nafsu dalam bentuk tulisan. Sebab hampir tidak ada kata yang tepat mendefenisikan keduan. Menulis yang baik tentu harus mampu menuliskan defenisi (arti) dengan tepat dan bisa dipahami.

Cinta dimiliki oleh setiap hati, begitu juga nafsu dimiliki oleh semua pikiran. Manusia tanpa cinta hanyalah jasad kosong yang berjalan di bumi, Manusia tanpa nafsu juga hanyalah orang yang pantas masuk rumah sakit jiwa. Keduanya harus ada di dalam setiap diri kita walaupun keduanya selalu bertentangan, dan memang harus bertentangan, sebab jika cinta menyatu dengan nafsu, itulah manusia menjadi separuh iblis.

Perbedaan nafsu dengan cinta sudah jelas di dalam fikiran dan hati namun sanagt sulit dilidah apalagi di jari untuk dituliskan. Tidak ada satu ahlipun yang pernah membuat defenisi baku pada keduanya. Defenisi sebaku defenisi buah mangga. Mungkin sudah saatnya anda sebagai pembaca membuat karya besar dengan membuat defenisi baku tentang cinta dan nafsu, membuat perbedaan jelas antara cinta dengan nafsu dalam bentuk tulisan.


Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home